Cara Internetan Unlimited Kuota Menggunakan Andromax Prime

Halo sobat pembaca Aca Blog pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Cara Internetan Unlimited Kuota Menggunakan Andromax Prime, mungkin topik ini sudah pernah di bahas di blog lain, tapi tidak ada salahnya jika saya membagikan pengalaman saya ketika menggunakan Andromax Prime dari Smartfren.


Awal mulanya ketika saya mau mendaftar di Indihome, karena selama ini saya menggunakan koneksi tetering dari Smartphone saya yang koneksinya menggunakan Telkomsel, memang sangat efisien tapi lama kelamaan saya rasakan kok boros di kuota ya! dan setiap smartphone saya nyalakan fitur teteringnya kok selalu panas! lama kelamaan saya kasihan dengan smartphone kesayangan saya ini. Smartphone yang saya gunakan adalah Lenovo Vibe P1a42.

Ketika saya mau pasang Indihome ternyata jaringan yang di dekat rumah saya sudah full padahal pada waktu itu saya sudah sempat di daftar dan di mintain KTP, jika saya ingin tetap memasang Indihome di rumah saya, saya harus membayar Rp. 700.000 untuk biaya pemasangannya dan untuk biaya bulannya sebesar Rp. 315.000/bln untuk kecepatan 10Mb di area Kota Banyuwangi.

Karena biaya pemasangan yang menurut saya terlalu tinggi, akhirnya saya melakukan browsing di internet untuk mencari  - cari informasi tentang ISP yang murah dan tersedia di Kota Banyuwangi, pada sebuah forum diskusi saya menemukan suatu topik yang membahas tentang Andromax Prime ini.

Setelah saya baca - baca di diskusi tersebut ternyata Andromax Prime ini bisa digunakan thetering atau berbagi koneksi Internet ke sesama smartphone atau perangkat komputer, Tapi sayangnya Andromax Prime ini hanya mengijinkan thetring atau berbagi internet kepada tiga perangkat saja, walaah.... padahal saya memiliki 4 smartphone dan 2 Laptop jadi bagai mana ya caranya supaya semua perangkat saya tersebut bisa konek ke internet dengan unlimited kuota dengan Andromax Prime ini ya! hmm.... lalu saya memutar otak saya untuk mencari cara bagai mana Cara Internetan Unlimited Kuota Menggunakan Andromax Prime yang hanya di limite untuk tiga perangkat saja!.

Setelah berpikir agak lama, ya kira - kira sekitar 1000 tahunan lah hehehehe..... dan pada akhirnya saya menemukan cara yang sangat Jitu untuk mengakalinya, kamu mau tahu? yuk simak step - by stepnya.

Yang Pertama: Kamu Wajib Memiliki Andromax Prime
Kamu bisa memilikinya dengan cara membeli baru atau second, tapi saya sarankan kamu untuk membeli yang baru supaya tidak ada kendala ketika mau mempraktekkan cara yang saya share ini, karena jika kamu membeli Andromax Prime dengan kondisi baru kamu akan memdapatkan satu paket Handphone beserta kartu perdana Smartfren yang sudah terisi paket Unlimited Kuota dengan fup harian 1Gb selama 1 bulan. 

Tapi jika kamu membeli Andromax Prime second kamu harus beli perdana smartfren yang kosong lalu kamu registrasi lalu kamu isi pulsa sebesar Rp. 60.000 lalu kamu daftarkan paket Unlimited yang seharga Rp. 60.000 tersebut.

Yang Kedua: Memanfaatkan Access Point Sebagai Repeater
Mungkin pada step yang kedua ini kamu mulai bertanya - tanya, lah kok!! kan sudah thetering hotspot tapi mengapa kok masih menggunakan akses point? Memang di Adromax Prime sudah menggunakan tetering hotspot akan tetapi kan dibatasi atau hanya diperbolehkan untuk 3 perangkat saja.

Jadi jika saya ibaratkan Handphone Andromax ini sebagai Modem Indihome yang hanya memiliki 3 port lan dan Access Point sebagai switch hub yang memiliki banyak port lan. dan lebih jelasnya seperti ini:
  • Andromax Prime = Modem Bawaan Indihome yang pornya hanya tersedia 3 port saja dan jika di koneksikan ke perangkat komputer hanya bisa menyambung di 3 perangkat saja melalui kabel lan.
  • Access Point = Switch Hub yang biasanya digunakan untuk membagi jaringan data atau internet yang memiliki port sangat banyak sesuai dengan spesifikasi switch hub itu sendiri
Dalam step ini saya menggunakan Access point Outdor merek Tenda 03 penampakannya kurang lebih seperti gambar dibawah ini


 
Yang Ketiga: Mengkonekkan atau menyambungkan Access Point Ke Andromax Prime
Kali ini kamu wajib mengkonekkan access point ke Andromax Prime yang sudah dinyalakan fitur thetering hotspotnya. cara untuk mengkonekkan Access point ke Andromax Prime simak langkah - langkah berikut ini:

1. Hidupkan Access point Tenda 03
2. Silahkan buka alamat url http://192.168.2.1 pada browser kamu, maka kamu akan di arahkan ke web login Tenda 03
3. Lalu login ke Tenda 03 dengan username "admin" dan password "admin" untuk di bagian lokasi silahkan pilih Indonesia
4. Lalu prilih Quick Setup dan pilih WISP lalu klik next seperti gambar dibawah ini


5.  Lalu anda akan dibawa ke tampilan seperti di bawah ini

Pilih nama wifi yang di pancarkan oleh Andromax Prime, disini hotspot pada Andromax Prime saya, saya beri nama "AL" seperti yang terlihat pada gambar di atas. Lalu klik Next.

6. Isi kolom "Key" dengan password yang ada di setingan hotspot Andromax Prime lihat gambar dibawah ini


Maaf isi passwor saya sensor demi keamanan jaringan saya. Selanjutnya klik Next.

7. WAN Connection Type pilih DHCP(Dynamic IP) perhatikan gambar dibawah ini. Lalu klik Next


8. Lalu kamu akan di bawa ke halaman pengaturan Wifi perangkat Tenda kamu, perhatikan gambar berikut

Terapkan persis seperti gambar di atas lalu klik Next

9. Jika di bawa ke halaman seperti pada gambar di bawah ini silahkan klik Next saja


10. Klik Save jika kamu di bawa ke halaman seperti dibawah ini


Lalu tunggu perangkat access point untuk restart, dan proses pengkonekan Access point tenda kamu ke Andromax Prime telah selesai, dan selamat kamu telah bisa menikmati Internetan Unlimited Kuota Menggunakan Andromax Prime.

Untuk menggunakannya di perangkat smartphone atau laptop kamu tinggal mengkonekkan nama Wifi Tenda yang sudah kamu konekkan kenekkan ke Andromax Prime tadi.

Jangan konekkan perangkat kamu ke hotspot Andromax Prime ya
Selamat sekakarang Thetering hotspot Andromax Prime kamu sudah bisa digunakan oleh banyak perangkat.

Seperti yang sudah saya bahas pada awal topik ini, Internetan menggunakan Andromax Prime + dan Access Point Tenda 03 biayanya sangat lebih murah dibandingkan dengan menggunakan Indihome. Bagaimana tidak Paket Unlimited Smartfren hanya Rp. 60.000,- s/d Rp. 100.000 perbulannya dan sedangkan Indihome sendiri minimal Rp. 315.000 belum termasuk PPN 10% coba bandingkan saja.

Memang untuk modal awalnya cukup besar sekitar kurang lebih 700rb an, jika kamu ingin menggunakannya seperti saya ini saya share rincian pengeluaran untuk membangun Internetan Unlimited Kuota Menggunakan Andromax Prime dibawah ini:
  • Harga Handphone Andromax Prime Baru Rp. 310.000
  • Biaya parkir Rp. 1.000
  • Biaya Bensin Rp. 5.000 
  • Beli Rokok Gudang Garam Surya Rp. 16.000
  • Harga Access Point Tenda 03 Rp. 370.000 (beli di tokopedia)
  • Beli Kopi Rp. 5000 dapat 1 renteng
Jadi jika di total semua pengeluaran untuk Internetan Unlimited Kuota Menggunakan Andromax Prime totalnya Hanya Rp. 707.000,- Jika saya bandingkan dengan Pasang baru Indihome di tempat saya yang katanya jaringannya full tadi ya seimbang lah, tapi kan biaya bulanannya sangat - sangat ringan yaitu hanya Rp. 60.000 saja jika dibandingkan  dengan Indihome dengan Dengan biaya pemasangan Rp. 700.000 dan paket termurahnya Rp. 315.000,- per bulan itupun belum termasuk PPN 10% hehehehehe..... 

Tapi semua keputusan saya kembalikan lagi kepada kamu, apakah kamu mau menerapkan cara saya ini atau kamu mau pasang Indihome, ya... semua keputusan ada di tangan kamu karena disini saya hanya sharing saja dengan apa yang saya alami dan gunakan dan cara sa menghemat pengeluaran.

Baiklah mas bro cukup sekian dulu posting saya kali ini tentang Cara Internetan Unlimited Kuota Menggunakan Andromax Prime semoga bisa bermanfaat buat kalian semua dimanapun berada.