Kamis, 04 Januari 2018

7 Langkah Untuk Perubahan yang Lebih Baik

Sebagian besar dari kita seringkali menjadikan momen tertentu, seperti saat pergantian tahun, ulang tahun, dan lainnya, sebagai momen untuk membulatkan tekad bertransformasi ke arah yang lebih baik. Visi besar sering kita tetapkan, namun seiring berjalannya waktu, kita tidak beranjak dari tempat semula. Hingga saat berakhirnya tahun, keinginan yang sudah kita tetapkan belum ada perubahan atau tidak terlaksana.


Sebenarnya, visi besar dan rencana pelaksanaan belumlah cukup untuk menciptakan satu perubahan. Pemetaan arah dan langkah-langkah nyata perlu dilakukan! Di samping itu, Anda perlu melakukan langkah-langkah nyata dengan kesungguhan hati agar mencapai kemajuan seperti yang Anda inginkan.

Itu hanyalah gambaran umum, sedangkan realitanya sangat banyak tantangan, tanggung jawab, dan gangguan yang harus Anda hadapi. Oleh sebab itu, kebanyakan orang gagal dalam meraih perubahan ke arah yang lebih baik. Anda tidak perlu berkecil hati, simak dan jalankan beberapa tips berikut ini untuk memastikan langkah Anda dalam meraih perubahan bisa berjalan lebih cepat, dan memperoleh hasil terbaik.

1. Waspadai gangguan dan segera singkirkan gangguan tersebut
Sebagian dari kita mungkin mampu bertindak fokus dan mengerjakan perkerjaan sebaik mungkin. Tetapi sebagian besar lainnya, belum mampu fokus dalam berpikir maupun bertindak. Pikiran mereka melayang-layang seperti tertiup angin dan tindakan mereka beraneka ragam, tetapi sama sekali tidak berkaitan dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Contoh aktivitas yang mengganggu pekerjaan adalah menelepon teman, mengobrol ke sana kemari, bermain game, browsing internet tentang hal-hal yang kurang penting (dalam lingkup pekerjaan), melakukan aktivitas yang tidak berhubungan dengan tujuan selama berjam-jam, dan lain sebagainya. Sebelum waktu, tenaga, dan pikiran Anda terbuang sia-sia, lebih baik segera kenali segala sesuatu yang dapat mengganggu fokus dan usaha Anda. Observasi apa yang menyebabkan waktu Anda tidak produktif, kemudian ganti dengan tindakan-tindakan yang lebih produktif setiap hari.

2. Fokus terhadap satu hal dalam satu waktu
Kebanyakan orang ingin mengerjakan 10 pekerjaan sekaligus dan berharap semua pekerjaan cepat selesai. Padahal langkah ini sangat tidak efektif dan cenderung mengganggu produktivitas. Otak kita memerlukan sedikit waktu untuk melakukan penyesuaian ketika kita beralih mengerjakan yang lain. Sebab otak kita sudah didesain mampu mengerjakan sesuatu dengan hasil maksimal jika kita fokus 100%.

3. Miliki rencana tindakan dan konsisten memperbaruinya secara berkelanjutan
Perencanaan adalah salah satu cara mengatasi penundaan. Tetapkan perencanaan yang matang, ditambah dengan strategi untuk mencapai tujuan. Perencanaan juga akan sangat membantu Anda fokus dan bekerja secara efektif.

Tetapi usaha Anda melaksanakan rencana kerja tidak akan selalu berjalan mulus; tentu Anda akan menemui banyak tantangan. Oleh karena itu, jangan terpaku pada satu cara, bersikaplah terbuka. Salah satunya adalah memikirkan cara lain dan siap melakukan perubahan cepat demi mencapai tujuan.

4. Miliki Pola Hidup Sehat
Kesehatan adalah unsur penting dalam mencapai cita-cita setinggi apapun. Tingkatkan kualitas kesehatan dengan makan makanan bergizi, mengadopsi pola hidup sehat, dan rutin berolah raga. Olah raga akan meningkatkan ketahanan fisik sangat banyak dan meningkatkan hormon endorphins and serotonin yaitu hormon yang menjadikan pikiran lebih tenang, penuh semangat, bahagia, dan berenergi.

5. Sederhanakan pekerjaan Anda, dan fokuslah terhadap pekerjaan yang paling penting
Semakin sederhana kehidupan dan pekerjaan Anda, semakin banyak pekerjaan yang dapat Anda selesaikan. Tetapi kita seringkali menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak memberikan nilai tambah pada kehidupan atau pekerjaan.

Oleh karena itu, identifikasikan kegiatan Anda sehari-hari. Beri kredit nilai 1-10 untuk setiap aktivitas harian Anda. Tandailah dengan angka 10 untuk aktivitas yang memberikan perubahan terbesar. Lakukan tindakan yang mempunyai kredit angka terbesar terlebih dahulu.

6. Rapikan ruang kerja
Merapikan ruang kerja adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas, sebab ruang kerja yang rapi dapat mempercepat pekerjaan. Luangkan waktu membersihkan meja dan membuang dokumen yang tidak diperlukan lagi. Biasakan untuk menempatkan segala sesuatu secara rapi, sehingga waktu Anda juga tidak terbuang sia-sia untuk mencari-cari dokumen atau barang yang Anda butuhkan. Ruang dan barang yang tertata rapi membuat Anda siap beraksi cepat kapanpun Anda mau.

7. Sesekali lakukan sesuatu untuk menenangkan pikiran Anda
Keputusasaan, kekhawatiran, jenuh, dan bermacam perasaan buruk lainnya dapat hinggap dalam proses menciptakan perubahan. Jika hal itu terjadi, berhentilah sejenak. Gunakan waktu sebentar untuk melakukan beberapa aktivitas yang dapat meregangkan otot, supaya pikiran dan badan Anda segar kembali.

Sangat banyak aktivitas yang dapat meredakan ketegangan pikiran dan lebih santai, contohnya:
- Beribadah
- Merebahkan diri sambil mendengarkan musik lembut atau klasik.
- Latihan pernafasan.
- Tidur siang.
- Berjalan-jalan atau melakukan beberapa peregangan otot.
- Rekreasi ke tempat wisata yang disukai
- Mengerjakan hobi, misalnya berkebun, memancing, memasak, dan lain sebagainya.

Semua langkah di atas adalah pengalaman pribadi, dan terbukti telah memberikan dampak perubahan yang cukup besar. Kalau bukan dimulai sekarang, kapan lagi? Lakukan segera langkah-langkah perubahan secara konsisten dan bersiaplah menyongsong kehidupan yang jauh lebih menyenangkan. Salam sukses!
Load disqus comments

0 comments