Cara Instal Shoutcast dan AutoDJ di Centos

Halo pemirsa Camfroger baru-baru ini saya telah menginstal Shoutcast Server 1.9.8, dengan AutoDJ Transcoder dan prosesnya terkesan sangat panjang dan agak ribet, jadi saya membuatnya menjadi lebih mudah dengan menggunakan installer serta sedikit kontrol radio sehingga Anda dapat memulai / menghentikan shoutcast & transcoder tersebut.



Ide ini berawal pada saat saya mendengarkan Streaming radio di salah satu web radio Online, lalu saya memiliki ide "bagaimana jika saya membuat streaming radio itu sendiri!". Kebetulan saya memiliki VPS yang nganggur dengan Processor 2 Core, Ram 1GB, Max Connection 1GB yang hanya saya isi dengan 4 Room Camfrog Advaced yang Trafik roomnya pun tidak terlalu rame dan 7 Camfrog Bot dan saya rasa server ini masih sangat enteng untuk meload beberapa aplikasi lagi, akhirnya saya langsung install Shoutcast Streaming radio di VPS tersebut, dan al hasil saya berhasil menginstall Shoutcast dan AutoDJ VPS saya tersebut.

Apakah anda ingin tau bagaimana caranya? kali ini saya akan share pengalaman saya dalam menginstall  radio online di VPS, inilah step by step yang harus anda lakukan adalah, Siapkan SSH Client seperti Putty dan VPS/Dedicated lalu login sebagai root.

Download installer
wget https://drive.google.com/file/d/0BwF6LQ8H0nPgcWRNUC15SXVyWUU

Merubah Permission pada file Installer
chmod 0777 sc_installer.sh

Mulai menginstall file Installer
./sc_installer.sh install

Setelah proses ini Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa rincian, seperti IP (atau nama host), password, dan port (saya akan sangat menyarankan menggunakan port 8000 atau di atas), serta informasi untuk transcoder Auto DJ Anda.

Cara Penggunaan Radio Kontrol Via SSH
./radio 1 = Starts Shoutcast

./radio 2 = Stops Shoutcast

./radio 3 = Starts AutoDJ

./radio 4 = Stops AutoDJ

./radio 5 = Restarts Shoutcast

./radio 6 = Restarts AutoDJ

Menambahkan Musik ke AutoDJ
Jika Anda memiliki akses melalui FTP (Lihat di bawah), Anda dapat meng-upload musik ke AutoDJ dengan menggunakan FTP atau via Winscp lalu upload file musik anda ke direktori berikut:
/home/radio/stream/music
Setelah Anda selesai mengupload. Anda harus merestart AutoDJ supaya AutoDJ bisa mendetek file baru anda, untuk merestartnya anda dapat melakukannya dengan perintah berikut:
./radio 6

Proses installasi selesai dan andapun bisa mendengarkan Radio streaming anda sendiri. Untuk player streaming radio itu sendiri silahkan menuju ke link ini Player. Sedangkan untuk memutarnya via Windows media Player anda cukup tekan CTRL + U lalu ketikkan alamat url server dan portnya lalu tekan tenter

Contoh:
http://123.321.223.58:8000
 
Uninstall ShoutCast
Jika Anda menginstal server shoutcast Anda dengan petunjuk di atas, Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk Uninstal semua yang Anda lakukan.

./sc_installer.sh uninstal

Sekian dulu tulisan saya tentang Cara Instal Shoutcast dan AutoDJ di Centos semoga bermanfaat jika ada yang di tanyakan silahkan isi pertanyaan di kolom komen, salam Camfroger dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa.

11 Comment

minta file2nya boleh nggak gan
itu linknya sudah mati soalnya
thx

Ini saya kasih linknya mas, silahkan langsung di download https://drive.google.com/file/d/0BwF6LQ8H0nPgcWRNUC15SXVyWUU
semoga bermanfaat :)

maaf yang saya maksud bukan file install.sh nya
tapi file yang didownload dalam install.sh

soalnya domainya udah expired

kan didalam install.sh ada perintah
wget http://andyrixon[dot]info/files/scserv/radio
dan
wget http://andyrixon[dot]info/files/scserv/sc_files.zip

tapi domainya sudah expired, barangkali agan ada backupnya :)
thx

Download file ini https://drive.google.com/open?id=0BwF6LQ8H0nPgTllGQmlCMTFPVlE
Lalu upload ke direktory /home/radio/stream. Lalu setting sc_serv.conf setelah itu upload lagu ber extensi mp3 ke folder music lalu jalankan soutcastnya dengan perintah yang sudah ada di tutorial di atas lalu start / restart autodj nya

silahkan di coba

ditunggu izin aksesnya gan
filenya bukan publik :D

ini link file public nya gan https://drive.google.com/file/d/0BwF6LQ8H0nPgTllGQmlCMTFPVlE/view?usp=sharing

terimakasih sudah bisa :)
meski Radio Kontrol nggak bisa akhirnya manual jalankan sendiri pakai semisal ./sc_serv
nggak pakai kode semisal ./radio 6 dan lainya

sama2 gan, semoga bisa bermanfaat

gak berhasil gan, bisa tolong lebih detail step by stepnya gan. maklum masih newbe.

Untuk memperbaiki lihat komen yang ada di atas

Yang sukses install jangan lupa share

Setiap Komentar baru secara automatis termoderasi, demi kenyamanan pembaca. Komentar yang tidak patut ditampilkan akan kami hapus (Sara, Propokator, Spam, Scam, Radikal, Terorisme, dll)