Kamis, 18 Agustus 2016

Garuda Indonesia, Paling Dicintai di Dunia




Maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia, kembali mengharumkan nama bangsa. Setelah menyabet gelar The Best Cabin Crew, kini Garuda Indonesia dinobatkan sebagai The Most Loved Airline, alias maskapai paling dicintai di seluruh dunia.

Gelar tersebut diberikan oleh Skytrax—lembaga independen pemeringkat maskapai penerbangan dunia yang berkedudukan di London, Inggris—berdasarkan hasil review para penumpang terhadap 420 maskapai penerbangan di 49 negara. Para pengguna jasa penerbangan diminta mengunggah foto dan menceritakan pengalaman penerbangan mereka, lalu memberikan rating 1-10 sesuai kepuasan mereka, untuk kemudian dikalkulasikan oleh Skytrax.

Penilaian didasarkan pada delapan faktor, di antaranya kenyamanan kursi pesawat, pelayanan dalam kabin, makanan dan minuman yang disajikan, hiburan selama penerbangan, fasilitas wifi, pelayanan di bandara, dan nilai ekonomis layanan penerbangan (manfaat dibanding uang yang dikeluarkan).

Garuda Indonesia berada di peringkat pertama dengan nilai tingkat kepuasan mencapai 85 persen. Menyusul di belakangnya, Asiana Airlines dari Korsel dengan 83 persen, dan EVA Air dari Taiwan di posisi ketiga dengan skor 81 persen.

Kenyamanan Garuda juga mampu mengalahkan pemimpin pasar di Timur Tengah, yakni Qatar Airways yang berada di posisi 12 dengan skor 75,16 persen. Singapore Airlines pun kalah dari Garuda, dengan skor 77,28 persen dan berada di urutan ketujuh.

Khusus untuk maskapai Eropa, Aegean Airlines (Yunani) masuk dalam peringkat empat dengan tingkat kepuasan sebesar 80,7 persen. Lufthansa (Jerman) dan Aer Lingus (Irlandia) menempati posisi 16 dan 17 dengan skor 71,02 persen dan 70,94 persen.

Sementara itu Virgin America (AS) masuk dalam peringkat 15 dengan tingkat kepuasan 71,78 persen. Sedangkan Alaskan mengapatkan tingkat kepuasan 70,4 persen dan JetBlue Airways (AS) mendapatkan 69,2 persen.

Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo mengungkapkan rasa terima kasih atas apresiasi dan dukungan masyarakat dunia lewat survei itu. "Penghargaan ini membanggakan, tapi sekaligus juga menjadi tantangan tersendiri bagi Garuda Indonesia untuk selalu memberikan yang terbaik bagi para penumpang," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta (9/8). Arif menyatakan, prestasi ini tidak terlepas dari ribuan tangan yang bekerja keras untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi pelanggan sebagai maskapai bintang lima.

Selamat untuk Garuda Indonesia!
Load disqus comments

0 komentar