Kamis, 18 Agustus 2016

3 Tips Untuk Menyikapi Game Pokemon Go!

Dunia kita penuh dengan dinamika kehidupan, dipicu oleh excitement (kegembiraan) terhadap sesuatu. Misalnya sebuah permainan, buku, film, gadget, dll. Maka manusia akan mudah terseret gelombang yang kita sebut sebagai Hype (Gandrung).

Sebuah permainan Pokémon Go dalam hitungan minggu sudah digandrungi begitu banyak manusia. Banyak pro dan kontra mengenai games yang sedang hype ini. Ada yang bilang games ini bersangkut paut dengan satanic power karena menyimpan monster-monster di pokeball, persis seperti menyimpan tuyul atau jin dalam botol. Ada yang bilang, seorang profesor menyebutkan ini & itu mengenai Pokémon, yang ternyata berita tersebut hoax.

Semua sibuk mengomentari sesuatu yang sedang Hype tersebut.

Bagaimana sebaiknya kita menindaklanjuti hal-hal yang sedang Hype tersebut? Menurut saya ada 3 langkah:

1. Jangan reaktif. Sebelum kita tahu persis, jangan bertindak. Observasi! Saya install Pokémon Go lalu saya berikan gadget android pada putri saya. Ia memainkan Pokémon Go, sambil saya mengamati perilakunya.

2. Review! Saya ajak putri saya untuk menganalisa dampak baik dan buruk game tersebut. Putri saya lantas menyadari bahwa games ini cukup berbahaya, sebab untuk bermain, kita perlu koneksi dengan GPS, sehingga harus berada di tempat terbuka. Bisa jadi, tempat terbuka tersebut tidak aman. HP bisa direbut orang, atau ada orang yang bermaksud jahat. Juga, jika tidak hati-hati, kita bisa sangat rentan mendapat kecelakaan.

3.  Buat rangkuman dan putuskan apakah sesuatu yang hype tersebut baik atau tidak baik bagi kehidupan kita.

Percayalah, tidak ada di dunia ini yang terus menerus di peringkat atas alias terus digandrungi oleh manusia. Suatu saat pasti akan turun juga. Ingatlah. “We can’t change the direction of the wind, but I can adjust my sails to always reach my destination. " (James Dean). Angin perubahan tidak bisa kita cegah, gunakalah angin perubahan yang sedang hype ini sebagai sarana bagi kita. Contoh, sebagai bahan berkomunikasi dengan anak kita, berolah raga bersama, berdiskusi dengan teman-teman yang jarang ngobrol dengan kita. Hal ini akan sangat mengasyikkan.

Gunakan kemampuan kita untuk mengubah Pokémon Hype menjadi Pokénomics yang menghasilkan lebih banyak keuntungan finansial bagi kita. Barangkali restoran Anda harus menjadi Poke Stop yang bisa menjaring pengguna Pokémon Go untuk datang & bisa mendapat diskon khusus.

Semoga tips yang saya berikan bisa bermanfat.
Load disqus comments

0 komentar