Sabtu, 04 Juni 2016

Tips Untuk Anak Kost Agar Biaya Makan Murah Dan Tetap Sehat

Halo bro kali ini saya mau share tentang Tips Untuk Anak Kost Agar Biaya Makan Murah Dan Tetap Sehat, karena saya juga terinspirasi dari pengalam sendiri dan teman  teman.


Warning: Sebelum mencoba tips ini, saya peringatkan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan diri anda dan apa yang anda alami. Tapi jika menurut anda bermanfaat silahkan di praktekan di kehidupan sehari-hari. Tips ini sangat berguna untuk anak-anak kosan yang mengalami kesulitan keuangan.

Hidup mandiri memang susah, semua harus dikerjakan sendiri. Apalagi anak perantauan dan hidup secara ngekos. Selagi kita memikirkan masa depan dan pelajaran, kita juga harus memikirkan keuangan. Kalo orang kaya sih enak, tidak perlu takut kehabisan. Tapi bagi orang yang keuangan nya pas-pasan bagaimana? Sebagai orang yang pernah menjadi salah satu anak kosan selama 4 tahun, gua bakal berbagi pengalaman hidup gua makan dengan uang yang pas-pasan di kosan kepada kalian semua. Di jamin sehat, mengenyangkan, dan MURAH. 

1. Jangan pernah makan apapun di kantin, kecuali di traktir.
Salah satu godaan terbesar kita adalah ikut-ikutan teman jajan di kantin sekolah atau kampus. Beli minuman soda, makanan ringan, atau pun makan lontong, nasi goreng, mie, dll. Gua dulu juga sering beli jajanan di kantin karena malu teman semua pada beli gua enggak, tapi gua sadar bahwa hal-hal demikian cuma hanya membuat kantong gua jebol, dan lu gag akan kenyang makan di sana. Solusi nya adalah jangan pernah bawa uang lebih. Sediakan uang pas-pasan untuk ongkos jalan. Jika bawa motor, maka bawa lah uang 10rb saja untuk isi minyak atau pun jaga-jaga ban kempes. Jika cuma jalan kaki, ya udah jangan bawa uang.


Dengan uang yang tipis, secara logika kita gag bakalan mau jajanin itu uang, soal nya kalo di jajanin lu gag bakal punya ongkos pulang. Atau yang gag bawa uang, ya gag mungkin lu bisa beli jajanan . Atau boleh juga lu jangan pernah nongkrong di kantin. Dengan ini lu bisa mengepress seketat-ketat nya pengeluaran yang gag berguna di kantin hampir mendekati Rp 0,- . Bahkan jika hoki, temen yang berduit bakalan mentraktir. Oh ya, kalo mau ke sekolah atau kampus, makan dulu di kosan biar lu gag pingsan dan bawa botol minum, jaga-jaga haus.

2. Anda harus punya penanak nasi sendiri dan minuman galon.
Salah satu kesalahan anak kosan adalah mereka makan di luar atau beli nasi bungkus. Bisa di bilang itu adalah pemborosan. Maka punya penanak nasi sendiri adalah wajib hukum nya. Biasa nya pake penanak rice cooker ato magic (bukan di sulap ya ). Boleh juga yang greget pake panci masak pake kayu bakar . Dan jangan lupa galon, jika punya dispenser nya sekalian lebih bagus. Atau yang lagi-lagi berjiwa greget, boleh masak air pake kayu bakar

Beli lah magic yang kecil, atau kalo udah terlanjur punya yang besar, masak lah beras nya setengah isi nya saja. Alasan nya jika kebanyakan, nanti kalo kelamaan nasi jadi bau, atau pun jika mati listrik nasi nya basi kan mubazir. Jika bisa, bawa lah beras dari rumah/ kampung halaman. Gag usah malu bawa beras 1 karung. Pengalaman gua, beras satu karung itu bisa untuk jatah 6 bulan alias satu semester. Dengan hal ini kita bisa menghemat pengeluaran untuk makan menjadi 50% saja. So para agan-sista, punya skill memasak nasi adalah harga mati.

3. Pintar-pintar memilih lauk makan.
Lauk makan pendamping nasi itu penting, kecuali ada yang memang doyan makan nasi nya doank tiap hari . Menu yang paling hemat ada 2, yaitu telor dan mie. Tapi makan kedua menu ini terus-terusan tidak sehat. Saran gua beli lah sayur jadi. Beli antara 3rb sampai 5rb biasa nya udah banyak, apalagi daun ubi biasa nya murah. Nah sayur jadi ini bisa di dampingi dengan telor/ mie tadi. Tapi sesekali gag apalah beli sambal, tempe atau tahu (5rb udah cukup). Dan tiap hari tertentu beli ayam atau ikan (lumayan ini ayam sepotong 15rb an, ikan tergantung jenis nya, ikan nila sekisaran 18rb). Usahakan menu nya sayur dan di dampingi lauk lain. Sisain lauk nya, ukur-ukur untuk 3x makan. Dengan ini agan tetap sehat dan pengeluaran perminggu bisa di tekan sekitar di bawah 100rb untuk lauk.

Sayur daun singkong, enak, sehat, dan MURAH!!!

Mie omelet, 1 bungkus mie + 1 telor bisa untuk makan 4x.

Oh iya, agan sebaik nya punya kompor gas dan panci ya, bisa masak sendiri juga lebih hemat loh, dan juga bisa manasin lauk biar gag cepat basi.

4. Siap sedia baju batik, amplop kosong dan plastik 1kg.
Pasti udah pada tau nih kemana tujuan nya. Eng ing eng benar sekali, kondangan . Pesta pernikahan, hajatan, dll, merupakan surga nya anak kos. Semua makanan bergizi ada di sana. Ajak temen senasib biar makin meyakinkan dan gag malu-malu amat. Pakai baju batik, biar terkesan dewasa. Masukin amplop kosong di kotak kondangan biasa nya ada, biar di sangka beneran tamu kondangan. Gag bakal ada yang nanya kalian kenal tuan rumah atau enggak, mereka hanya sibuk urusan masing-masing. Tapi lihat-lihat dulu ada pemeriksaan surat undangan gag, kalo ada jangan masuk ntar malu di usir 

Menu sehat bergizi dan GRATIS!!!

Usahakan datang pada jam-jam ramai. Pada sesi ramah-tamah alias makan-makan, ambil banyak-banyak lauk yang gak cepat basi (sambal gitu atau gorengan-gorengan, jangan sayur atau berkuah). Nasi nya sedikit aja untuk syarat doank . Nah baru deh saat duduk masukin lauk-pauk tadi ke kantong plastik. Kalo kurang kalian tinggal antri lagi. Kalo malu, minta temen tutupin saat lu masukin makanan nya ke kantong plastik. Atau suruh temen yang masukin nya. Ingat rasa malu bisa membunuh mu . Dengan ini kalian bisa menghemat makan 1 hari bahkan 2 hari, ya lauk nya tinggal di panaska

5. Baiklah pada tetangga dan siapa pun.
Manusia itu makhluk sosial. Kita hidup juga membutuhkan orang lain. Pengalaman gua yang kuliah jurusan Manajemen Informatika, gua udah paham soal install dan oprek mengoprek alat-alat elektronik. Jadi gua senantiasa membantu tetangga-tetangga gua yang punya masalah-masalah di bidang itu. Gua juga suka bantu-bantu tetangga, kalau tetangga sebelah kosan gua lagi motong rumput, gua bantuin. Bakar sampah, gua bantuin. Apapun pokok nya gua bantuin. Bahkan di kampus, gua juga terkenal tukang install laptop . Banyak temen-temen kadang yang gag gua kenal minta di benerin. Gua sih gag pernah minta bayaran, tapi ya nama nya manusia kadang ada yang gag tega gitu. Ya udah gua mintain aje bawa gorengan pas datang, jadi pas nunggu nginstall bisa makan gorengan bareng. Tapi ada juga yang gag punya hati minta install terus pergi gitu aje, tapi biar lah nama nya juga nyari kebaikan. Kadang ada yang gag mau jemput laptop ny berhari-hari, kosan gua yang sempit jadi tambah sempit.

Laptop, Notebook, Tab temen yang di tinggalin aje lama di jemput. Abaikan gelas yang belum di cuci.

Pun begitu tetangga-tetangga (yang rumah sendiri bukan ngekos ya), sering beri lauk pauk lebih, kadang ngasih duren kalo lagi musim duren . Bahkan ibu kos gua juga sering beri-beri makanan kalo lagi lebih. Inti nya baik lah pada siapapun. Jangan pamrih. Kebaikan kalian pasti di balas minimal dengan makanan nama nya juga anak kosan.

6. Punya pacar/ gebetan yang bukan anak kosan.
Jadi cowok enak loh, bisa nembak cewek. Jadi kita bisa pilih-pilih. Beda ama cewek yang harus kode-kodein cowok, iya kalo ngerti, kebanyakan cowok gagal paham . Nah untuk anak kosan, terutama cowok nih. Kalo nyari pacar, cari lah yang rumah sendiri. Jangan sesama anak kosan, lu bisa tambah bangkrut. Kalo udah jadi pacar, lu harus sering ngapel ke rumah, jangan jadi cowok brengsek. Kenalan sama ortu nya. Jangan pemalu dengan ortu nya, ingat kata gua di atas, malu bisa membunuh mu.


Jika kalian sudah deket sama ortu nya, niscaya hidup kalian akan bahagia . Lu bisa makan tempat pacar lu, yang pasti bergizi. Kayak gua nih, bayangkan gua pacaran sama pacar gua dari semester 1, sebahagia apa hidup gua . Tapi jangan terus-terusan juga makan di tempat pacar, seminggu sekali aje. Alhamdulillah gua tetap langgeng ama pacar gua sampe sekarang udah tamat kuliah 2 tahun

7. Ikut kegiatan.
Kegiatan biasa nya bakal ada bagian konsumsi nya. Saran gua ikut kegiatan yang gag ada iuran nya. Boleh kegiatan kampus atau pun kegiatan-kegiatan lain di kecamatan tempat tinggal elu. 
Kegiatan menyehatkan

Contoh nya gua nih, gua pernah jadi panitia penjaga kotak suara. Gua juga pernah magang di quick count kabupaten di kantor KPU. Lumayan selain gua dapat nasi bungkus, gua juga terima gaji . Walaupun gag seberapa, tapi lumayan lah. Nama nya juga anak kos . Kalo kegiatan kampus gua paling sering jadi panitia wisuda. Ya karena itu tadi, gag di pungut biaya, bisa dapet pengalaman, dan bisa makan di sana plus bisa bawa pulang nasi kotak dan snack yang lebih 

Nah begitu lah agan-agan pengalaman hidup saya hidup kos-kosan dengan uang pas-pasan. Dan alhamdulillah itu selalu cukup, berlebih malah . Terakhir buat agan-sista yang ngekos, jangan kecewain orang tua, jadi lah sukses dan tentu nya hidup sehat . 

Cukup sekian dulu sharing saya tentang Tips Untuk Anak Kost Agar Biaya Makan Murah Dan Tetap Sehat dan semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar