Jumat, 03 Juni 2016

Allo: WhatsApp ala Google + Asisten Digital Yang Akan Saingi WhatsApp

Sebagai raksasa internet, Google jelas tak mau tersingkir dari kompetisi layanan pesan instan yang berdarah-darah. Bisa jadi Hangouts dianggap kurang meledak, oleh karenanya dibuatlah Allo.

Layanan ini sejatinya sama saja dengan pesan instan yang sudah banyak beredar saat ini. Hanya saja yang bikin penasaran adalah karena Google yang membuatnya. Jadi yang diharapkan ada inovasi menarik yang dibenamkan Google ke dalam Allo.

Sebagai dasarnya, Allo dibekali berbagai fitur standar layanan pesan instan, seperti emoji, stiker, atau mengirim photo. Tapi ada satu fitur yang baru ada di segelintir layanan pesan instan, yakni asisten digital. Ya, Google Assistant disebut dibenamkan sebagai bagian dari Allo.


Jadi dengan Google Assistant di Allo, pengguna bisa tak repot-repot harus mengetik ketika ingin menjawab pesan yang masuk. Cukup ucapkan saja, maka Google Assistant akan menerjemahkannya ke dalam bentuk teks untuk kemudian dikirim.

Google Assitant juga diklaim makin pintar, pengenalan terharap natural language ditingkatkan sehingga pengguna tak perlu harus bicara dengan bahasa yang luwes. Meski pengucapannya kaku, Google Assistant akan bisa mengenalinya.

Selain itu dibenamkannya Google Assistant di Allo juga memungkinkan pengguna mencari informasi langsung dari tampilan Allo. Tinggal sebutkan kata kuncinya, lalu kalimat yang ingin diketahui informasinya. Konsepnya seperti ketika menggunakan Google Now, hanya saja dilakukan melalui Allo.

Tapi inovasi ini bukanlah yang pertama dilakukan Google, beberapa waktu sebelumnya Facabook juga mengumumkan hal yang sama. Raja media sosial ini sesumber ingin membenamkan asisten digital garapannya yang dinamai Monneypenny ke dalam Facebook Messenger.


Hadirnya asisten digital di Allo tapi bukan satu-satunya kejutan. Bak WhatsApp, Allo dipastikan juga punya fitur enkripsi pesan hulu ke hilir.

Ditambah lagi Allo juga punya fitur incognito mode alias menyembunyikan pesan, termasuk juga notifikasi pribadi dan expiring message ala BlackBerry Messenger (BBM). Namun BlackBerry menamainya sebagai Timed Message kalau di BBM.

Lantas apa Allo bakal bisa jadi penantang WhatsApp atau BBM? Kita tunggu pembuktiannya.

Kita tunggu saja apakah allo bisa menggusur WA atau BBM, secara modal dan tenaga R&D (Reseach & Development) google tidak terbatas

Sumber: http://inet.detik.com/read/2016/05/21/090445/3214650/398/allo-whatsapp-ala-google---asisten-digital
Load disqus comments

0 komentar