Jumat, 23 Oktober 2015

Caranya membuat Tetap Fit Setelah Begadang

Pekerjaan yang menumpuk atau ada pertandingan klub sepakbola kesayangan pada dini hari mungkin memaksa Anda harus begadang. Padahal, di pagi harinya Anda harus menjalani aktivitas seperti biasa. Tenang, Anda masih bisa menjalani berbagai kegiatan dengan tubuh fit meski tidak mendapat waktu tidur cukup pada malam harinya.

Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, Anda disarankan untuk tidur malam selama delapan jam. Meski begitu, ada beberapa orang yang membutuhkan waktu tidur lebih banyak dan juga lebih sedikit. Ketika begadang, otomatis jam tidur Anda berkurang drastis. Hal ini dapat memengaruhi fungsi tubuh Anda, khususnya otak.



Di pagi harinya, kemungkinan Anda akan diserang oleh rasa kantuk yang luar biasa. Tidak hanya itu, daya konsentrasi Anda pun dapat menurun karena tubuh tidak mendapat waktu istirahat yang cukup.
Menurut beberapa penelitian, kinerja tubuh orang yang begadang semalaman kemungkinan sama dengan seseorang yang sedang mabuk.

Jika Anda tidak punya pilihan lain selain begadang, tapi tetap ingin fit pada pagi hari hingga aktivitas harian berakhir, coba ikuti tips di bawah ini

Konsumsi kafein. Mengonsumsi minuman mengandung kafein seperti kopi atau minuman berenergi bisa membuat tubuh menjadi lebih fit. Minuman ini bisa membuat Anda terjaga selama 3-4 jam.
Agar tubuh tetap siaga sepanjang hari, Anda bisa mengonsumsinya tiap beberapa jam. Namun, sesuaikan dengan dosis harian yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Kebanyakan orang membutuhkan asupan kafein sekitar 100-200 mg tiap harinya.

Sisihkan waktu untuk tidur siang. Setelah mengonsumsi kafein, disarankan untuk berbaring dan memejamkan mata sejenak. Anda bisa tidur siang pada jam istirahat selama 10-30 menit. Setelah itu Anda akan terbangun dengan tubuh yang segar, meski Anda begadang pada malam sebelumnya.
Jika Anda menyisihkan waktu sekitar 40 menit untuk tidur siang, Anda mungkin terbangun dengan kondisi kepala yang pening. Namun, setelah rasa pening itu hilang, manfaat tidur siang bisa Anda rasakan.

Jangan diam. Saat berada di kantor, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, naik turun-tangga, lari di tempat atau olahraga ringan lainnya yang bisa membuat tubuh Anda bergerak. Aktivitas ini bisa meningkatkan kinerja otak.
Terlibat dalam sebuah percakapan juga bisa membuat Anda tetap terjaga.
Terangi ruangan Anda. Saat lelah, orang mungkin lebih memilih memadamkan lampu agar bisa beristirahat dengan nyenyak. Untuk menghindari efek ingin tidur setelah begadang, disarankan untuk selalu berada di ruangan yang terang.

Ketika segala aktivitas harian Anda berakhir, segera gunakan waktu untuk tidur. Jika keesokannya hari libur, Anda bisa mematikan alarm lalu tidur hingga Anda terbangun secara alami. Hal ini bisa mengembalikan kondisi tubuh Anda seperti sedia kala.

Meski begitu, disarankan untuk tidak sering begadang karena itu melanggar kinerja alamiah tubuh. Tubuh kita diprogram untuk terjaga pada siang hari dan terlelap pada malam hari. Ketika malam hari tidak dipakai untuk beristirahat, apalagi jika terjadi dalam jangka waktu panjang, tubuh bisa merasakan dampak negatif dari kurang tidur.

Efek negatif yang bisa dirasakan akibat keseringan begadang antara lain sistem imun menurun, penuaan dini pada kulit, kelebihan berat badan, depresi, kesuburan menurun, dan lebih rentan terkena diabetes, penyakit jantung, hipertensi atau tekanan darah tinggi, serta stroke.

Load disqus comments

0 komentar