Sabtu, 27 Juni 2015

Masjid Unik Terbuat Dari Telur

Masjid ini terletak di Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), masjid unik mentereng ini terkenal dengan sebutan Mesjid Telor. Karena memang mesjid ini menggunakan telur sebagai bahan pembangunannya.

http://www.aca.web.id/2015/06/masjid-unik-terbuat-dari-telur.html


Yap, mesjid yang lebih dikenal dengan sebutan Mesjid Sultan Riau atau Mesjid Pulau Penyengat ini menggunakan putih telur sebagai perekat pada masa pembangunannya dulu. Mesjid berwarna kuning hijau ini menjadi ikon bersejarah Kepulauan Riau.

Walau hanya berada di pulau kecil seluas 3.5 Km persegi, mesjid ini memiliki banyak warisan sejarah kebesaran Kerajaan Riau-Lingga dengan corak keislamannya. Mesjid ini sering dikunjungi peziarah domestik maupun mancanegara seperti Malaysia dan Singapura.

Pengunjung akan terpesona oleh setiap detail yang ada di tiap sudut kompleks mesjid. Di sini pula terdapat makam-makam raja Riau terdahulu. Mesjid Telor ini juga menjadi mesjid pertama di Indonesia yang memakai kubah.

Akses menuju Pulau Penyengat ini pun cukup singkat, hanya 15 menit menggunakan motor boat dari Tanjungpinang. Pulau ini juga berbatasan dengan Pulau Batam. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di Jantung Pinang. Kerajinan kerang dan anyaman eceng gondok bisa jadi pilihan.

Walaupun menggunakan putih telur, kapur, pasir dan tanah liat, bangunan ini tetap berdiri kokoh hingga sekarang. Subhanallah

Selamat menjalankan Ibadah Puasa
Load disqus comments

0 komentar