Sabtu, 27 Juni 2015

Cara mengusir rasa galau dan menghilangkan perasaan gundah di hati

Tips dan cara mengusir rasa galau dan menghilangkan perasaan gundah di hati. Kegalauan, sepertinya hampir bisa dipastikan semua orang pernah mengalaminya. Galau memang sesuatu yang absurd karena melibatkan unsur emosional didalamnya. Secara harfiah, galau dapat diartikan sebagai perasaan yang tak tentu arah, dilema atau perasaan yang tidak seperti biasanya. Beberapa contoh rasa galau yang kerap kali terjadi misalnya seperti saat jatuh cinta, melakukan PDKT kepada seorang wanita, patah hati, malu, menghadapi masalah, stres dengan pekerjaan yang menumpuk, menghadapi persiapan pernikahan dan sebagainya.



Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus rasa galau yang mungkin tengah mendera asalkan Anda tahu bagaimana caranya. Nah, daripada terus memikirkan masalah yang belum jelas ujung pangkalnya dan hanya akan menyita waktu dan pikiran Anda, simak beberapa tips positif mengenai cara mengusir rasa galau dan hati gundah berikut ini.

1. Berpikir positif
Berpikirlah positif dan selalu yakin bahwa setiap masalah di dunia ini pasti ada solusinya. Seperti halnya penyakit yang pasti ada obatnya, begitu juga rasa galau dan gundah yang pasti memiliki jalan keluar. Hal yang Anda perlukan hanyalah meyakininya dan berusaha untuk terus berpikir positif.

2. Mendengarkan musik
Sejatinya musik adalah "teman" di dalam setiap kesempatan yang bisa membuat hati menjadi tenang. Tak hanya saat merasa senang saja, musik juga bisa jadi teman yang baik saat Anda tengah dirundung kegalauan. Yang perlu Anda lakukan adalah mencocokkan jenis musik yang paling pas dan sesuai dengan suasana hati saat ini.

3. Pergi dengan teman
Cara untuk mengatasi rasa galau selanjutnya adalah mencoba untuk pergi bersama-sama dengan teman. Lakukan apa yang sekiranya bisa membuat suasana hati Anda merasa senang dan pergilah ke tempat-tempat yang paling Anda sukai untuk menenangkan diri misalnya seperti pantai, taman, tempat wisata dan rekreasi, tempat makan dan lain sebagainya.

4. Membaca buku
Bagi Anda yang mungkin hobi membaca, maka disaat hati galau cobalah untuk membuka lemari buku dan menemukan satu untuk dibaca. Buku jenis apa yang hendak dibaca, itu kembali lagi ke selera pribadi orangnya. Namun disarankan untuk membaca buku yang "tidak terlalu berat" alias bacaan ringan saja seperti buku komik, novel lucu atau cerpen jenaka untuk membuat mood Anda kembali lagi. Menurut riset dan penelitian disebutkan bahwa orang yang tersenyum cenderung lupa akan masalah yang tengah dihadapinya. Jadi mungkin memang benar adanya jika ada peribahasa yang mengatakan "hadapi masalah dengan senyuman".

5. Berbagi cerita dengan sahabat
Saat Anda mengalami masa-masa sulit, janganlah di pendam sendirian. Carilah teman yang Anda percaya bisa menyimpan rahasia-rahasia Anda lalu ceritakan kepadanya perihal masalah yang Anda tengah hadapi. Sahabat yang baik adalah pendengar yang baik. Meskipun Anda belum tentu menemukan solusi yang paling tepat dari permasalahan yang Anda alami, akan tetapi dengan menceritakan sebagian masalah kepada sahabat setidaknya bisa sedikit melegakan perasaan Anda.

6. Tidur
Tips selanjutnya mungkin agak sulit untuk dilakukan. Tidur dalam keadaan galau. Ya, tapi tak ada salahnya juga untuk mencobanya. Cobalah untuk rileks dan tenangkan diri Anda lalu berbaring dan pejamkan mata. Lebih pas lagi jika sambil mendengarkan alunan musik yang santai dan tenang kemudian masuklah kedalam alam tidur Anda secara perlahan-lahan.

7. Nonton film
Cara menghalau kegalauan yang selanjutnya adalah dengan menonton film. Cobalah untuk menonton film ringan dengan jenis genre komedi, horor atau film action. Hindari film yang bernuansa kesedihan karena justru bisa membuat Anda malah semakin bertambah galau.

8. Olahraga
Cobalah untuk menyibukkan diri dengan ber-olahraga karena dengan olahraga maka tubuh dan otak akan terisi dengan nutrisi dan oksigen yang bisa membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga membuat tubuh terasa lebih segar.

9. Berdoa
Tips selanjutnya adalah dengan berdoa. Ya, bagi Anda yang sedang menghadapi masa-masa galau, cobalah untuk berdoa dan meminta petunjuk dan kesabaran dari Tuhan YME agar masalah yang Anda hadapi cepat terselesaikan.

10. Ikhlas dan lepaskan
Lepaskan dan mencoba untuk tidak memikirkannya. Percayalah bahwa kita tak selalu bisa mengontrol atas apa-apa yang akan terjadi. Ingat, Anda bukanlah Tuhan, maka jangan bersikap seperti Tuhan yang bisa mengatur segalanya. Jadi janganlah mencoba untuk mengatur semua yang akan dan telah terjadi dalam hidup Anda sesempurna mungkin karena tentu saja hal tersebut adalah tidak mungkin. Saat Anda merasa sudah tak sanggup lagi, maka bersikaplah ikhlas lalu bebaskan semua beban yang ada di pundak Anda dan jadilah orang yang bebas.

Demikian tulisan saya tentang Cara mengusir rasa galau dan menghilangkan perasaan gundah di hati, Buat apa galau karena galau itu tak ada gunanya. Semoga bermanfaat

Load disqus comments

0 komentar