Selasa, 31 Maret 2015

Kiat Liburan Hemat



Ada beberapa ide menarik agar kita bisa berlibur tanpa harus keluar banyak uang. Baca berbagai tips berhemat berikut dan terapkan saat liburan akhir tahun!

Mencari cara berlibur yang hemat biaya? Tidak ada yang salah dengan hal itu. Meski sedang berhemat, kita juga bisa berlibur dengan menyenangkan asal direncanakan dengan matang tentang pengeluaran selama liburan.

1. Tujuan liburan
Pastikan anda telah melakukan riset mengenai tujuan-tujuan yang menjadi pilihan Anda untuk berlibur. Jangan sampai Anda melewatkan promo yang sangat menguntungkan Anda dalam hal biaya, seperti diskon, penawaran spesial, dan bonus-bonus.

2. Akomodasi
Jika teman atau kerabat Anda memiliki tempat tinggal di tempat yang dekat dengan tujuan liburan Anda, maka tidak ada salahnya meminta izin untuk meminjam tempat tersebut sebagai akomodasi. Siapa tahu, mereka bisa meminjamkan dengan harga yang jauh lebih murah dibanding hotel, atau bahkan diberikan secara cuma-cuma.

3. Transportasi
Siasati biaya transportasi sepintar mungkin. Jangan sampai biaya transportasi menjadi pengeluaran terbesar Anda selagi berlibur. Jika Anda ingin berlibur keluar kota yang masih terjamah, tidak ada salahnya menggunakan transportasi umum seperti bus antar-kota, atau mungkin kereta api. Jika naik pesawat, memesan tiket dari jauh-jauh hari dan menghindari musim padat wisatawan adalah hal yang sangat bijak. Ketika sampai di tempat tujuan, pelajari baik-baik tentang kendaraan umum seperti bus, angkutan umum, atau MRT untuk yang di luar negeri. Jangan sungkan untuk bertanya pada sekeliling Anda jika Anda tidak mengerti.

4. Konsumsi
Saat berlibur ke suatu tempat, hindari tempat makan terkenal atau yang biasa dikunjungi para turis, karena sudah pasti harga yang ditawarkan sangat tinggi meskipun porsi dan kelezatannya tidak membuat puas perut. Carilah restoran yang lebih sering didatangi oleh masyarakat lokal setempat, biasanya akan lebih murah dengan porsi yang mengenyangkan dan enak.

5. Aktivitas
Pilihlah aktivitas berlibur yang tidak akan menghabiskan banyak biaya. Hiking, berenang, atau sekedar bermain di pinggir pantai adalah pilihan yang paling tepat. Jika pilihan Anda jatuh pada pantai, maka waktunya Anda menjadi ‘detektif’ untuk mencari pantai yang masih sepi pengunjung.

Nah, 5 hal di atas adalah hal-hal yang biasanya menguras kantong Anda selama berlibur. Ternyata, dengan budget sedikit, kita juga bisa berlibur dengan menyenangkan.

Selamat Berlibur!
Load disqus comments

0 komentar