Minggu, 21 Desember 2014

Barca Cukur Cordoba 5-0, Tipiskan Jarak dengan Madrid


Barcelona menggunduli Cordoba lima gol tanpa balas di Camp Nou, Sabtu (20/12/2014) malam WIB. Pedro Rodriguez, Luis Suarez, Gerard Pique, dan Lionel Messi (2 gol) bergantian menjebol gawang tamunya.

Barca benar-benar tampil dominan di kandang. Gol cepat Pedro di menit ke-2 membuat mereka tampak nyaman mengendalikan permainan, meski Cordoba juga sempat mengancam sesekali lewat serangan balik.

Secara keseluruhan anak asuh Luis Enrique memegang penguasaan bola dengan persentase 75% berbanding 25% sebagaimana dicatat whoscored. Total mereka melepaskan 16 tembakan dengan sembilan mengarah ke gawang, sementara Cordoba punya tujuh percobaan dan dua tepat sasaran.

Namun demikian, Barca harus menunggu hingga menit ke-53 untuk mencetak gol kedua lewat Suarez. 10 menit jelang bubaran, tiga gol lainnya ditambahkan, masing-masing lewat Pique pada menit ke-80 dan Messi di menit ke-82 dan 90.

Dengan kemenangan ini, Barca kini mengoleksi nilai 38 dari 16 laga. Untuk sementara mereka memperpendek jarak dengan Real Madrid di puncak klasemen yang punya 39 poin, namun baru 15 kali bermain.

Sedangkan Cordoba masih tertahan di posisi 19 dengan 19 angka dari 16 pertandingan. Posisi mereka berpeluang dilewati Elche yang mengoleksi 10 poin dari 15 pekan.

Baru dua menit pertandingan berjalan, Barca sudah unggul. Ivan Rakitic mengirim umpan terobosan terukur ke belakang garis pertahanan Cordoba dan diterima Pedro Rodriguez yang berlari menyambut. Setelah mengontrol bola, Pedro menyontek bola menaklukkan kiper Cordoba, Juan Carlos.

Lima menit berikutnya giliran Andres Iniesta memberikan ancaman untuk tim tamu. Tapi tembakannya meneruskan umpan Lionel Messi masih mampu diamankan kiper.

Suarez nyaris membawa Barca menggandakan keunggulan saat menyambut bola umpan silang Jordi Alba pada menit ke-11. Namun upayanya hanya melenceng tipis ke kiri.

Cordoba sempat mengancam pada menit ke-19. Lewat serangan balik, Luso mengumpan ke Nabil Ghilas yang kemudian melepaskan tembakan dari sisi kanan kotak penalti. Cuma tipis di samping kanan gawang Claudio Bravo.

Ivan Rakitic mendapatkan kesempatan dari dalam kotak penalti tiga menit berselang. Namun melambung. Di menit ke-36, sepakan Pedro masih melenceng ke kanan.

Cordoba merespons di menit ke-39. Bermula dari serangan balik, Fede Cartabia melakukan sepakan dari sudut sempit di sisi kiri. Bola menghantam tiang sebelah kiri, Barca pun selamat dari kebobolan.

Di menit ke-42, Cartabia giliran menyusun sebuah peluang untuk timnya. Umpannya dari sepak pojok disundul Luso, tapi masih bisa dinetralkan Bravo.

Barca balas menekan. Dua menit berselang Alba tendangan Alba digagalkan Juan Carlos. Di masa injury time babak pertama, giliran sundulan Gerard Pique yang ditahan sang kiper Cordoba.

Di menit ke-53, Barca sukses menggandakan keunggulan. Pedro melakukan tusukan di sisi kiri dan memberikan umpan silang ke Luis Suarez di tengah yang berdiri cukup bebas. Sempat mengontrol bola, Suarez kemudian menyontek bola dengan kaki kanan melewati dua kaki Juan Carlos.

Tiga menit kemudian, Rakitic hampir membawa Barca kian jauh. Sepakannya dari luar kotak penalti digagalkan tiang sebelah kiri.

Xavi Hernandez yang masuk menggantikan Rakitic mencatatkan sebuah tembakan tepat sasaran dari jarak jauh pada menit ke-73. Juan Carlos berhasil menghentikannya.

Tepat di menit ke-80, Barca menjauhkan keunggulan. Pique dalam posisi tak terkawal di depan gawang menanduk umpan lambung Xavi dari tendangan bebas di sisi kiri.

Hanya dua menit berselang, Messi menggenapkan keunggulan menjadi 4-0. Dari sepak pojok, bola berupaya dibuang pertahanan Cordoba tapi justru jatuh di kaki Messi. Dengan kaki kanan, penyerang Argentina itu mengarahkan bola ke pojok kiri atas.

Di masa injury time, Messi mencetak gol keduanya sekaligus kelima untuk Barca. Mendapatkan bola di sisi kanan di dalam kotak penalti, Messi yang dalam posisi membelakangi gawang mengontrol bola di udara dengan kaki kiri. Kemudian dengan gerak memutar, dia melakukan tendangan dengan kaki kanan yang tak sanggup dihentikan Juan Carlos. Gol tersebut jadi gol terakhir di laga ini.

Barcelona: Bravo; Montoya, Pique, Mascherano, Alba; Busquets, Rakitic (Xavi 65'), Iniesta (Rafinha 76'); Pedro, Messi, Suarez

Cordoba: Carlos; Campabadal, Inigo Lopez (Pinillos 60'), Pantic, Crespo, Deivid; Luso (Rossi 72'), Ekeng, Borja Garcia (Silva 75'); Fede; Ghilas
Load disqus comments

0 komentar