Minggu, 21 Desember 2014

7 Resiko Menambah Teman Sembarangan di Facebook

Halo! sobat pembaca blog aca.web.id akhir - akhir ini sering sekali terjadi hal - hal aneh yang terjadi di facebook anda mulai dari tiba - tiba menulis status tanpa sepengetahuan anda sebagai pemilik facebook hingga facebook anda di diretas oleh orang yang tidak anda kenal.

Sumber gambar dari google
Jika Anda menggunakan Facebook, maka Anda harus benar-benar berhati-hati dari orang yang Anda tambahkan secara acak. Jika Anda tidak mengetahui orang tersebut, maka cukup dengan jangan menambahkan orang itu.

Berteman dengan orang asing cenderung mengarah ke hal yang lebih berbahaya daripada hal yang baik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak seharusnya menambahkan orang asing di Facebook Anda:

1. Dapat Berisiko

Menambahkan orang asing pada Facebook Anda dapat berisiko bagi Anda dan teman-teman lain yang ada dalam daftar pertemanan Anda. Orang tertentu dapat menggunakan gambar pribadi Anda, bahkan menyalahgunakannya di situs lain. Jadi, berhati-hatilah ketika akan menerima permintaan pertemanan dari seseorang yang tidak Anda tahu.

2. Dapat Menambah Spam

Pesan spam dan pesan sampah paling sering dikirimkan oleh seseorang yang tidak diketahui. Jika Anda menerima spam dan email sampah di kotak masuk Facebook Anda, maka Anda perlu memeriksa ini. Mungkin Anda telah menambahkan seseorang yang mengirimkan semua link tersebut. Pesan spam juga dapat merusak perangkat laptop Anda, maka hapuslah orang itu dari daftar pertemanan Anda jika merasa tidak aman.

3. Dapat Menimbulkan Risiko Kejahatan

Facebook merupakan situs media sosial yang universal. Jadi, benar-benar sulit untuk mengintai setiap orang yang menggunakan situs ini. Anda tidak akan pernah tahu penjahat yang mungkin menggunakan situs ini untuk menjalankan kegiatannya. Lalu, bagaimana jika Anda menambahkan orang asing yang merupakan penjahat tersebut ke dalam daftar pertemanan Anda? Anda akan menyesal kemudian, maka alangkah baiknya jika tidak menambahkan orang yang tidak Anda tahu.

4. Dapat Kenimbulkan Risiko Pencurian

Jika Anda terus memperbarui status di Facebook, maka Anda harus berhati-hati karena orang asing yang ditambahkan pada daftar pertemanan Anda dapat mengambil keuntungan dari situasi ini. Jika Anda menulis hal-hal seperti ‘Pergi perjalanan sepuluh hari dengan keluarga’ maka ini bisa berguna untuk orang asing yang mungkin adalah pencuri. Jadi, waspada lah dalam hal-hal yang Anda tulis di status Facebook Anda, karena Anda tidak akan pernah tahu siapa penjahat di luar sana yang mengincar Anda.

5. Ini Juga Dapat Mempengaruhi Laptop/komputer Anda

Ketika Anda menerima permintaan pertemanan dari orang asing, Anda tidak mengetahui apapun tentang mereka. Dengan menerima mereka, Anda memberikan akses pribadi ke semua informasi penting tentang Anda. Jika profesi orang tersebut adalah hacker, maka ini juga dapat menyebabkan serangan hack pada laptop/komputer Anda.

6. Itu Dapat Menjadi Sebuah Akun Palsu

Tidak ada metode yang tepat untuk memverifikasi akun Facebook. Jadi, sangat mungkin jika orang asing yang Anda tambahkan dalam daftar pertemanan Anda adalah sebuah akun palsu. Sebuah akun palsu selanjutnya mungkin dapat menimbulkan masalah bagi Anda. Bagaimana jika orang tersebut merupakan seorang penguntit, Anda tentunya akan berada dalam masalah besar.

7. Lebih Baik Untuk Memblokir Akun Orang Asing Tersebut

Jika Anda menemukan seseorang memiliki akun yang mencurigakan, Anda dapat mengecek profil Faceooknya. Selain itu, carilah nama dan semua rincian sebanyak mungkin. Jika orang tersebut terlihat asli bagi Anda, maka tetap simpan orang itu pada daftar pertemanan Anda. Tapi jika Anda tidak mempercayai orang tersebut, maka hanya blok atau hapus orang tersebut dari daftar teman Anda. Ini adalah cara terbaik untuk tetap aman. 
Load disqus comments

1 komentar: