Senin, 06 Januari 2014

Nikmatnya “SEGO CAWUK” Dari Banyuwangi



Banyuwangi, kota yang terkenal lewat sebutan The Sun Rise of Java ini mempunyai berbagai kekayaan budaya yang terkenal dan sudah mendunia lewat sektor pariwisata dan industrinya . Seperti Pantai Plengkung yang sudah mendapat nama di mata dunia lewat kekuataan ombak nya  dan juga kota Muncar yang juga telah membuat nama Banyuwangi tersohor lewat sebutan “Kota Ikan” dengan hasil pangan  industrinya yaitu hasil laut. Tidak hanya itu, Banyuwangi juga ingin memajukan namanya melalui kuliner nya agar perekonomian  melalui kuliner yang memasyarakat yaitu “Sego Cawuk”.

Sego Cawuk panganan khas masyarakat Banyuwangi yang tidak kalah bersaing dengan panganan khas lain nya seperti sego tempong. Supaya kuliner berupa sego cawuk ini dapat dikenal masyarakat luas, untuk kedepannya makanan khas Banyuwangi ini mampu menembus pasar pasar di luar Banyuwangi dan juga pemerintah Banyuwangi beserta masyarakat dan jajaran nya mencoba memberikan perhatian khusus serta memperkenalkan panganan khas Banyuwangi ini lewat berbagai gaya atau macam seperti penyebaran dan mempromosikan “Sego Cawuk” melalui media media elektronik seperti via online dan juga via media tulis.  Akhir akhir ini dapat dilihat juga perkembangan kota Banyuwangi yang baru saja melaunching ikon “I LOVE BWI” dan juga “DIGITAL SOCIETY” atas kerja samanya dengan PT.TELKOM INDONESIA yang telah memberikan 1100 titik wifi di Banyuwangi  yang merupakan pembuktian pada khalayak umum bahwa Banyuwangi mampu bersaing dan unggul dalam sektor apapun terutama seperti kuliner yang kami unggulkan dalam artikel ini yaitu “Sego Cawuk”
Menurut kelompok kami, “Sego Cawuk” ini akan sangat di gemari karena terdapat banyak sekali keunggulan dari sego cawuk, antara lain karena sego cawuk adalah makanan khas kota gandrung,dengan begitu sego cawuk hanya ada di kota banyuwangi saja,selain itu sego cawuk mudah ditemui di berbagai daerah di penjuru kota banyuwangi dengan harga per porsi yang cukup terjangkau bagi segala kalangan, walau dengan harga yang terbilang cukup murah,tetapi kelezatan dan kenikmatan dari sego cawuk tidak kalah dengan makanan lainnya, aroma kelapa cukup kental dalam setiap hidangannya yang membuat setiap orang tergiur untuk mencicipinya. Selain itu, kandungan gizi tetap kita dapatkan dengan mengonsumsi sego cawuk, karena dalam hidangan sego cawuk terdapat kandungan karbohidrat yang diperoleh dari nasi, protein,omega 3, vitamin, mineral,bio aktif,asam lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh,berbagai kandungan gizi tersebut bias kita peroleh dari ikan laut yang menjadi lauk utama dari makanan khas banyuwangi ini.
Selain itu parutan kelapa serta beberapa jenis sayuran yang melengkapi makanan ini juga memiliki berbagai kandungan vitamin yang baik bagi tubuh, dan jika anda penggemar masakan pedas tidak perlu khawatir jika memngonsumsi sego cawuk, karena biasanya khusus bagi penggemar pedas,akan diberi tambahan sambal kacang yang akan menambah kenikmatan makan anda. Dengan begitu, kandungan gizi yang anda peroleh juga akan bertambah, karena kacang menghasilkan kandungan gizi berupa lemak,protein yang tinggi,bahkan lebih tinggi dari daging,zat besi, vitamin c, dan kalsium,vitamin b complex dan fosfor,vitamin A dan K,lesitin, dan kolin.
Dan juga dari sisi budaya dapat mendukung nama Banyuwangi menjadi lebih melalang buana tidak hanya dari sisi pariwisata dan juga industri namun juga pangan. Serta Banyuwangi dapat memajukan dan mensejahterakan masyarakatnya jauh dan jauh lebih baik dari sekarang.
Load disqus comments

0 komentar