Senin, 06 Januari 2014

Mengenal Pakaian Yang Digunakan SENI TARI GANDRUNG BANYUWANGI



Setiap tari daerah memiliki pakaian yang khas yang bisa membedakan antara satu daerah dengan daerah lain. Begitu juga dalam pakaian Tari Gandrung Banyuwangi, jika kita melihat sekilas dari pakaian yang digunakan seperti pakaiannya seorang RATU karena terlihat gemerlap yang syarat akan kemewahan. Bagi masyarakat banyuwangi Pakaian gandrung Bagiakan seorang DEWI yang habis turun dari Kahyangan. Pada kepalanya menggunakan mahkota berupa Omprog yang dibuat dari kulit dan didesain sedemikian rupa menggunakan manic-manik dan monte serta emas dan intan berlian tiruan.
                        Pada bagian tubuh sebagai Tapih menggunakan Batik Gajah Uling yang merupakan batik khas banyuwangi. Batik ini digunakan untuk menutupi perut sampai kakai. Sedangkan dadanya ditutup oleh OTO yang dibuat dari kain yang berwarna Hitam dan disulam dengan hiasan Monte-monte . Ditambah dengan Ilat-ilat yang menggantung dari leher sampai bawah perut . Sedangkan pinggulnya menggunakan sabuk dari kain yang dihiasi dengan aneka monte yang diberi nama PENDHING.
                        Pending itu biasanya juga difungsikan sebagai tempat untuk menaruh KEPET atau KIPAS yang selalu dibawa oleh seorang penari GANDRUNG BANYUWANGI. Sedangkan untuk selendang atau sampur ditaruh dileher untuk menutupi Pundak, sedangkan pada kaki biasanya memakai KAOS KAKI berwara Putih.
                        Lalu bagaimana Tahap-tahap memberikan Make Up penari Gandrung? Yaitu pertama seluruh tubuh diberikan lulur berupa Bedak Atal, terus memberikan make up pada wajah dengan memberikan Pupuran , Celak , Lipstik agar supaya kelihatan cantik. Selanjutnya menggunakan Tapih Gajah Uling yang dikencangkan menggunakan sabuk. Tahap ketiga memakai Kemben yang biasa disebut OTOK, terus tahap ke empat ILAT-ILAT dipakai.
                        Agar pinggul kelihatan SEXY maka perlu memakai pendhing, pada pending ini juga bisa digunakan untuk menyelipkan Kipas. Pada bagian lengan dipasang Kelat Bahu yang bergambar Kupu-Kupu, tangan dikasih gelang, Omprog dipasag, kaos kaki dipakai dan terakhir sampur diselendangkan dipundak. Nach itulah merupakan tahapan bagaimana cara memakai pakaian gandrung sebagai wawasan bagi kita semua agar supaya cinta dengan seni budaya kita sendiri.
Load disqus comments

0 komentar