Sabtu, 11 Januari 2014

Apa itu PHP



Apa itu PHP - Kepanjangan dari PHP adalah "Hypertext Preprocessor" (ini merupakan singkatan rekursif). Jadi, Apa itu PHP? PHP adalah bahasa scripting web HTML-embedded. Ini berarti kode PHP dapat disisipkan ke dalam HTML halaman Web. Ketika sebuah halaman PHP diakses, kode PHP dibaca atau "diurai" oleh server. Output dari fungsi PHP pada halaman biasanya dikembalikan sebagai kode HTML, yang dapat dibaca oleh browser. Karena kode PHP diubah menjadi HTML sebelum halaman dibuka, pengguna tidak dapat melihat kode PHP pada halaman. Ini membuat halaman PHP cukup aman untuk mengakses database dan informasi aman lainnya.

Apa itu PHP

Banyak sintaks PHP yang hasil adaptasi dari bahasa lain seperti bahasa C, Java dan Perl. Namun, PHP memiliki sejumlah fitur unik dan fungsi tertentu juga. Tujuan dari bahasa pemrograman PHP adalah untuk memungkinkan pengembang web untuk menulis halaman yang dihasilkan secara dinamis dengan cepat dan mudah. PHP juga bagus untuk menciptakan situs Web database-driven. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang PHP, situs resminya yaitu PHP.net.

Contoh program
- Program Hello World
Program Hello World yang ditulis menggunakan PHP adalah sebagai berikut:
1<?php
2    echo "Hello World";
3?>

Kode di atas akan menghasilkan atau menampilkan tulisan berupa kata Hello World.

- Program bilangan Fibonacci
Berikut ini adalah contoh program yang relatif lebih kompleks yang ditulis dengan menggunakan PHP. Contoh program ini adalah program untuk menampilkan 20 bilangan pertama dari deret bilangan Fibonacci.
01<?php
02function fibonacci_seq( $panjang ) {
03   for( $l = array(0,1), $i = 2, $x = 0; $i < $panjang; $i++ )
04        $l[] = $l[$x++] + $l[$x];
05   return $l;
06}
07  
08fibonacci_seq(20);
09// Angka "20" dapat diganti sesuai keinginan
10?>


Kelebihan PHP Dari Bahasa Pemrograman Lain
Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web, antara lain:
  • Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.

  • Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.

  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.

  • Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.

  • PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Tipe data
PHP memiliki 8 (delapan) tipe data yaitu:
  1. Integer
  2. Double
  3. Boolean
  4. String
  5. Object
  6. Array
  7. Null
  8. Nill
  9. Resource
Load disqus comments

0 komentar